“Peran Teknologi Terkini dalam Membuat Pembelajaran DARING dan LURING Menjadi Semakin Menyenangkan”.


Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.....

Sabtu malam malam minggu, namun sebetulnya sudah masuk Minggu, tanggal 21 Maret 1982. Seorang wanita muda melahirkan anak pertamanya yang telah dikandungnya 9 Bulan lebih 2 Minggu, (penuturannya). Kemudian sepasang suami istri tersebut memberikan nama Bambang Sugiarto Legi.
Dan itu adalah..... Saya 😊😊😊😊.

Saya anak pertama dari 3 Bersaudara, adik saya yang pertama Tya Agustia telah meninggal usia kurang lebih 2 tahun.

Ibu saya Raida Suryani R seorang wanita Keras namun lembut berasal dari pemalang dan ayah saya kelahiran Jakarta, Budi Santoso (Alm).

Sekolah Dasar saya di SDN 03 Leuwiliang tahun 1995 dan SMPN 1 Leuwiliang Tahun 1998 kemudian meneruskan di SMA Mandala Leuwiliang Lulus Tahun 2001.

Saya mengajar di 2 Lembaga MTs dan 2 Lembaga MA dibawah Naungan Kementrian Agama 

Saat ini saya Tinggal di Jl. Raya Jasinga Kampung Sawah No. 25 RT/RW. 002/001 Desa Pamagersari Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. 16640

Tak pernah terbesit dalam hati ini masuk dalam lingkungan Pendidikan, namun Allah telah memberikan jalan ini pada saya berawal aktif nya di kegiatan Pramuka. Dan Alhamdulillah sampai sekarang Saya mengemban Tugas sebagai Seorang Pengajar dan Penginput Data satu lembaga di Kabupaten Bogor.


Tidak ada yang menduga situasi sekarang menjadi viral, dengan pandemi saat ini sontak membuat semua menjadi terbatas. Segala Kegiatan semua dibatasi, termasuk Pendidikan.

Bukan hal yang mudah memberikan pengajaran di situasi seperti ini.

Banyak hal yang baru saya temui dalam dunia pendidikan,bagaimana cara memberikan atau menyampaikan sebuah materi yang tidak membuat peserta didik jemu, mengantuk, bahkan mengalihkan pandangannya terhadap apa yang sedang disampaikan oleh seorang pendidik. Namun hari ini saya pun dihadapkan harus mengolah bagaimana menyampaikan materi dengan kondisi saya dan peserta didik tidak saling bertemu, hehehe ternyata seorang Pendidik itu WOW .... Banget... (Alhamdulillah ...Ya Allah... kau berikan anugerah Mu padaku untuk menyampaikan apa yang aku miliki pada mereka (murid)).


Kementrian Agama Kabupaten Bogor banyak menyampaikan segala solusi guna menyiasati situasi sekarang, dari E Learning sampai Google Form ataupun Google Classroom, dari Chat Whatsapp dampai zoom, semua nya sangatlah memfasilitasi dan memudahkan kami sebagai tenaga pendidik dalam menyampaikan materi. Dan ternyata permasalahan tidak selesai disana.... kami pun mendapatkan masalah baru dalam menggunakan kiat kiat diatas. Yang lebih mencolok adalah fasilitas peserta didik yang tak semuanya memiliki Handphone yang basis Android.

Jakarta 28 Juni 2019, tepatnya di Gedung Guru sebelum terjadi Pandemi saya coba ikut serta Seminar "Penguatan Guru TIK dalam Menyambut Mata Pelajaran Informatika" dengan pemateri pakar pakar Informatika, ternyata sekarang baru saya rasakan bahwa Informatika sangatlah penting dan wajib dipelajari, apalagi disituasi seperti ini. saya ucapkan terima pada #PGRI 




juga tak luput pula pada #KOGTIK, karena dengan adanya Komunitas Guru TIK begitu banyak beredar buku buku yang bermanfaat bahkan sangat sangat bermanfaat dalam menunjang Pelajaran TIK atau Informatika baik jenjang Dasar sampai Mahir

lalu bagaimana saya menyiasati situasi ini ???
Dengan Kondisi hampir 90% siswa tidak memiliki Sarana mumpuni.... dan kami pun harus mengikuti peraturan yang tidak boleh berkerumun.... sungguh Polemik yang sangat menguras Pikiran.

berbekal dari kegiatan disana saya mulai berfikir untuk membuat sebuah cara bagaimana saya menyampaikan materi saya tanpa harus mereka (baca peserta didik) hadir di sekolah.

Bukanlah hal yang Hebat... apa yang saya terapkan tapi mungkin ini adalah hal pertama buat mereka (Baca Peserta didik). Melalui Whatsapp saya mulai bergerilya untuk mencari data nomor handphone semua murid dan saya buat Group, yang akhir nya saya mulai lah untuk menerangkan di percakapan awal kepada semua murid murid, dan saya selipkan juga untuk selalu berbagi informasi pada kawan kawannya yang tidak memiliki handphone yang mumpuni.

Pertemuan pertama saya jelaskan bahwa saya akan memberikan Silabus untuk beberapa pertemuan, (Maaf, saya sampaikan bahwa saya mengajar di tingkat MA) dan memberikan arahan kepada semua siswa untuk pertemuan yang akan datang mereka untuk membuat sebuah materi yang berkaitan dengan Silabus dan RPP pertemuan pertama, semampunya. Dimana saat pertemuan pertama nanti satu persatu mereka akan menjelaskna apa yang telah mereka buat kemudian akan menjadi bahan diskusi di media Whatsapp....

Berawal dari sana, munculah ide ide dari mereka yang mengusulkan, pembahasan materi nya dibuat seperti membawakan berita, dibuat Video. ada yang mewawancarai dan diwawancarai... sehingga suasana menjadi lebih hidup dan kreatifitas mereka menjadi bertambah, dengan secara otodidak mereka belajar editing Video meskipun secara amatiran, namun ini menjadi point plus buat saya dan mereka.

lalu bagaimana yang tidak memiliki handphone....

saya pun tak kuasa menahan haru, solidaritas yang sangat tinggi mereka dengan sukarela menjemput atau bahkan mendatangi kawannya guna merangkul dan menuntaskan atau membantu rekan rekan nya untuk menyelesaikan satu persatu tugas nya.

di akhir bab saya meminta mereka untuk merangkum semua hasil dari beberapa pertemuan untuk dijadikan Powerpoint dan dikirim ke email 

dan yang harus kita yakini adalah dalam semua kesulitan pasti Allah SWT, akan ,memberikan sebuah kemudahan dan yakin Allah tidak akan memberikan sebuah cobaan yang tak mampu dihadapi oleh hamba nya.

Saat ini sebuah pandemi menimpa Negara kita, berarti Allah Tahu dan Maha Tahu, bahwa Indonesia adalah Negara yang Kuat dan Mampu mengatasi semua Cobaan, dan kekuatan kita adalah Kesabaran dan Do'a.

saya ucapkan kepada terima kasih kepada  http://gurupenggerakindonesia.com. yang sudah memberikan kontribusi yang sangat besar buat saya pribadi tentang segala hal, terutama silaturahmi di Group Guru Informatika Indonesia meskipun saya bukan dasar pendidikan Informatika tapi saya sangat senang membaca serta mengetahui tentang Informatika.

jadi tak bisa dipungkiri atau di abaikan, Informatika dan Dunia Pendidik seperti mata uang yang berdampingan, sangat penting dan wajib mampu menguasai minimal sebagai pengguna. 

 jangan pernah kita berkata tak mampu, karena Allah SWT telah menganugerahkan kepada kita untuk berfikir dan berusaha, semampu kita.

Tak Lupa saya Ucapkan Terima kasih pada 👇👇👇👇👇

👆👆👆👆👆👆 bukan sebuah kebetulan, tapi memang saya percaya akan produk Epson. Semua saya cetak segala berkas menggunakan Printer Epson L360, L3110, dan L1110, Senyap... Nyata... dan yang paling saya senang adalah pengisian tinta tidak belepotan, juga kalau mau habis kita bisa lihat dari Tank nya.

Satu pelajaran berharga, jika dulu ada Diary sebagai catatan sehari hari yang penting dan bersejarah dalam hidup kita, saat ini saya ucapkan terima kasih kepada Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) #KSGN yang sudah memberikan saya untuk tak lagi berfikir ulang mencurahkan dan menuangkan semua yang ada dalam benak saya, tanpa harus berfikir apakah akan dibaca orang atau dapat royalti atau dapat Hadiah... tapi mengembangkan seberapa banyak kosa kata yang kita miliki dan memberikan contoh kepada peserta didik kita bahwa menulis itu sangat lah menyenangkan.
terakhir saya ucapkan tentang wajibnya kita fahami “Peran Teknologi Terkini dalam Membuat Pembelajaran DARING dan LURING Menjadi Semakin Menyenangkan”. satu Akronim yang mungkin bisa jadi sebuah jargon dan penyemangat untuk kita semua para tenaga pendidik SNIPER... Sending Nice Interactive And Perfectiions.... Never Give Up....

Sekelumit kisah saya dalam mengajar di situasi saat ini dan menyampaikan pentingnya Teknologi dalam pembelajaran Daring dan Luring, semoga bisa menjadi sebuah semangat buat rekan rekan yang sudah mumpuni dalam segala hal, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan tetap bangga menjadi seorang pendidik...selalu dalam Lindungan Allah SWT.

Salam Hangat Buat semua dari saya....
Bambang Sugiarto Legi....
Jasinga 09 Oktober 2020


 

Komentar

  1. Salam semangat pak Bambang Sugiarto legi👍✊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih
      Bimbing terus supaya bisa berlanjut

      Hapus
  2. Waalaikumusalam... Semangat pak Bambang Sugiarto legi🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINDU TAK BERTUMPU UNTUK PRAMUKA

Ini Khilapku

Antara Aku Ayah mu dan Kamu Anak ku